Bisnis Modal Kecil

by Ratna Yuliana on September 28, 2012

Membuka bisnis atau usaha sendiri tentu memerlukan modal.  Jumlah modal yang dibutuhkan bisa besar atau kecil tergantung dari jenis usahanya.

Membuka toko pakaian di mal misalnya, tentu butuh modal yang cukup besar. Banyak biaya yang harus dikeluarkan seperti biaya sewa kios, biaya untuk membeli stok pakaian yang akan dijual, menggaji karyawan, dan kebutuhan operasional seperti listrik, perawatan dan lain sebagainya.

Lain halnya jika toko pakaian tersebut dijalankan secara online. Biaya dapat dikurangi karena tidak perlu menyewa kios, tidak ada biaya perawatan bahkan tidak perlu membeli stok karena ada sistem dropshopping.

Menjalankan bisnis jaringan atau multi level marketing (M*LM) Oriflame bisa dikategorikan sebagai bisnis modal kecil. Dengan hanya Rp 39.900, Anda sudah terdaftar sebagai member Oriflame, yang dikenal dengan sebutan Oriflame Independent Beauty Consultant, dan mendapatkan alat-alat untuk memulai bisnis seperti katalog dan buku panduan.

Anda pun sudah bisa langsung memulai menjalankan bisnis Oriflame ini hanya dengan bermodalkan 1 katalog saja. Ini sudah dibuktikan oleh seorang downline saya, bernama Ayu Fitra.

Ayu telah menunjukkan kepada saya, bahwa dalam satu hari saja hanya dengan satu katalog berhasil mendapatkan pesanan dari pelanggan sebanyak Rp 600.000. Sungguh pencapaian yang luar biasa bisa mengumpulkan orderan sebanyak itu, bagi seorang Ayu yang tinggal jauh  dari kota besar, dengan sarana serba terbatas, seperti  listrik yang hanya menyala di malam hari ataupun akses internet terhambat karena suli tmendapatkan sinyal.

Dari pengalaman Ayu dan juga pengalaman saya pribadi yang telah menjalankan bisnis Oriflame selama 2 tahun lebih, terbukti bahwa modal utama yang benar-benar dibutuhkan di bisnis ini adalah mindset (pola pikir) dan sikap positif.

Memang betul bisnis itu butuh modal uang untuk order. Tapi bukan berarti ga ada uang bisnis ga bisa jalan. Engga juga. Karena dengan modal kecil pun bisnis ini bisa ko tetap jalan. Bagaimana cara mengelola modal terbatas tersebut dengan sebaik-baiknya, itu lah yang perlu diketahui dan dipelajari.

Bagaimana dengan Anda, pegawai yang sibuk dengan pekerjaan kantor. Apakah tidak bisa menjalankan bisnis ini? Pasti bisa. Upline saya, Annissa Sagita sudah membuktikannnya. Beliau bisa menjalankan bisnis Oriflame sementara bekerja. Bahkan kini sudah bisa merasakan kebebasan waktu bisa mengerjakan bisnis ini kapan saja karena memilih untuk resign dari kantor untuk fokus menjalankan bisnis Oriflame.

Tapiii, seandainya uang dan waktu bukan masalah bagi Anda, namun sejak awal Anda tidak punya keyakinan terhadap bisnis ini, tidak memiliki sikap positif, selalu melihat segala sesuatu dari sisi negatifnya, merasa susah, ga bisa, takut, cemas dan lain sebagainya, hampir bisa dipastikan Anda akan gagal.

Bisnis apapun dengan modal kecil atau besar, apabila tidak dibarengi dengan keyakinan dan sikap positif saat menjalankannya, akan berujung pada ketidak berhasilan.

Selamat beraktivitas semoga sukses menyertai Anda hari ini.

Leave a Comment

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: