Membangun Jaringan Membangun Masa Depan

Bagi pelaku bisnis Multi Level Marketing atau M LM, memiliki jaringan yang luas merupakan hal yang wajib. Namun seringkali para pemula di bisnis ini, termasuk saya, jadi keder duluan ga percaya diri karena merasa ga bakat dan ga punya pergaulan yang luas.

Padahal menurut Robyn Henderseon, seorang global networking specialist dalam bukunya Understanding Influences for Leaders at All Levell, menyebutkan bahwa setiap orang berpotensi untuk memiliki jejaring (networking) yang luas dan penuh peluang. Kalimat ini saya baca di artikel berjudul Networking, Investasi Karir Anda , pada Majalah Pesona Edisi Desember 2014.

Saya tuliskan intisari dari artikel tersebut untuk saya bagi disini.

Jadi menurut Robyn, setiap orang, apapun jenis pekerjaan dan pada level manapun orang itu bekerja,  membutuhkan pengembangan jejaring. Orang yang sadar bahwa jejaring adalah “life skill” bukan sekedar bagian dari tugas profesional, disebut dengan istilah “master networking”.

Para master networking ini merupakan pemimpin-pemimpin yang hebat, yang tetap meluangkan waktu untuk mengenal dan membangun relasi dari berbagai lapisan budaya, usia, dan komunitas yang berbeda-beda di tengah kesibukan mereka. Mereka juga meluangkan waktu untuk mengikuti perkembangan teknologi digital, seperti membangun pertemanan di berbagai jejaring sosial seperti facebook, twitter, pinterest atau path.

Selain itu, para master networking ini menganggap jejaring sosial sama pentingnya dengan jejaring profesional. Mereka membangun relasi mutualisme yang diisi dengan sharing, kepercayaan dan kerjasama yang saling menguntungkan, bukan mengambil keuntungan semata dari satu pihak.

Banyak keuntungan yang bisa diidapat dengan menjadi master networking. Diantaranya yaitu :

1. Pertemanan.

Mempunyai banyak teman membuat Anda lebih kaya dan beruntung. Misalkan saja, Anda pergi ke suatu daerah asing untuk urusan bisnis dan Anda harus mengurus sbeberapa hal, Berkat pertemanan yang luas Anda mendapat info tentang daerah tersebut, atau malah ada teman di sana yang siap menemani Anda.

2. Memiliki banyak penasihat.

Semakin banyak memiliki relasim semakin banyak pilihan yang Anda punya dalam mendapatkan informasi atau pertimbangan yang tepat dalam berbagi lingkup pekerjaanm seperti masalah hukum, keuangan, birokrasi dll.

3. Sumber Inspirasi.

Jejaring Anda bisa menjadi inspirasi, perspektif baru, atau ide-ide segar dalam pekerjaan Anda. Bertukar informasi dan pengalaman dengan berbagai relasi akan memberikan banyak inspirasi.

4. Kemampuan mempengaruhi orang lain.

Memiliki jejaring yang luas dan menjadi ‘visible and notice person‘ dapat mendongkrak popularitas Anda di berbagai komunitas. Mungkin tanpa disadari Anda menjadi orang yang cukup berpengaruh untuk menanamkan hal-hal positif. Menjadi orang yang berpengaruh juga memberi reputasi positif sehingga nama dan wajah Anda yang akan pertama kali terlintas saat ada proyek atau kegiatan yang bermanfaat bagi karir Anda.

5. Memiliki jaring pengaman.

Anda tidak tahu kapan masalah karir atu masalah lain menghampiri. Memiliki jejaring membuat Anda memiliki banyak jaring pengaman untuk dimintai pertolongan atau nasihat.

6. Personal branding semakin valueable, akibat reputasi dan kredibilitas yang terdongkrak di berbagai jejaring.

Seperti dikatakan Robert Kiyosaki, penulis best seller ‘Rich Dad, Poor Dad‘, semakin kaya seseorang ia akan senang membangun jejaring, bukan bekerja. Sehingga akhirnya pekerjaan atau bisnislah yang akan mencari Anda.

Namun perlu diingat, membangun jejaring ada aturan mainnya. Jangan sampai Anda salah bergaul di lingkungan yang bukannya membuat Anda berkembang, tetapi malah membawa pengaruh negatif bagi Anda. Anda juga harus ingat prinsip utama membangun jejaring adalah saling menguntungkan, bukan merugikan orang lain.

Apa saja aturan mainnya supaya memiliki jaringan  yang luas dan awet? Ada 5 aturan main yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Gunakan insting Anda untuk menyaring relasi yang memang tulus ingin menjalin relasi, bukan yang hanya ingin memanfaatkan Anda saja.

2. Networks aren’t for sale. Salah satu tercepat car amerusak jejaring adalah ‘menjual info’ dari relasi Anda kepada orang lain demi keuntungan Anda.

3. Good Networker tidak pelit ilmu. Sering-seringlah bertukar informasi dan tip tentang berbagai hal yang berguna di media sosial. Semakin sering Anda berbagi ilmu semakin banyak orang yang akan mencari Anda.

4. Kejujuran dan integritas menjadi poin penting untuk membuktikan bahwa Anda orang yang bisa dipercaya.

5. Jalin komunikasi secara berkala. Sesekali berkirim kabar lewat telepon,email atau ‘kopi darat’. Kini dengan adanya media sosial, interaksi bisa jauh lebih intens tanpa harus menggangu aktivitas Anda.

Nah sekaraang Anda sudah tahu aturan mainnya. Selamat berteman daaan…. have some fun yaaa! 🙂

Ngumpul-ngumpul Bio3 Smansa 94

Foto credit : Rini

Leave a Reply