Mengenal Bisnis Oriflame

Kalo ada prospek yang menolak dengan alasan member Oriflame udah banyak, ternyata pendapat itu salah loh. Buktinya masih ada aja prospek lain yang menjawab tidak tau ketika saya tanyakan apakah mereka sudah tau Oriflame.

Dan menurut hitung-hitungan mbak Multia Febriani di blognya, menyebutkan bahwa jumlah konsultan Oriflame di Indonesia baru mencapai 0.25% dari total jumlah penduduk. Ini artinya peluang di bisnis Oriflame masih sangat terbuka lebar.

Nah, sebelum memutuskan untuk bergabung ada baiknya mempelajari lebih dahulu apa dan bagaimana bisnis Oriflame itu. Istilah tak kenal maka tak sayang dapat diterapkan disini. Mungkin saja mereka yang sudah member sekalipun tidak tahu peluang besar yang ada di Oriflame.

Berikut beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang bisnis Oriflame.

1. Oriflame adalah perusahaan yang berasal dari Swedia, didirikan pada tahun 1967 oleh Di Indonesiakakak beradik laki-laki yang bernama Robert af Johnick dan Jonas af Johnick.

pendiri oriflame

Oriflame masuk ke Indonesia sejak 1986. Sudah 28 tahun usianya. Indonesia merupakan satu dari 60 negara dimana Oriflame berada. Silakan cek disini untuk cari tahu negara mana saja yang ada Oriflamenya.

2. Oriflame Indonesia terdaftar di APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). Perusahaan yang resmi terdaftar di APLI artinya bukan perusahaan money game dan bukan pula sistem piramida. Alias aman dan diakui secara hukum.

Pembelian produk Oriflame hanya dapat dilakukan melalui member yang terdaftar, produknya tidak dijual di supermarket, apotik atau bahkan di salon. Jika terdaftar sebagai member maka, Anda akan memperoleh keuntungan langsung sebesar 30% dari harga member.

Selain keuntungan dari penjualan langsung, Oriflame juga mengembangkan bisnisnya melalui sistem Multi Level Marketing atau yang lebih dikenal dengan istilah MLM.

Pendapatan atau bonus yang didapat dari menjalankan MLM Oriflame murni berdasarkan omset penjualan bukan dari hasil merekrut.

3. Bergabung di Oriflame caranya sangat mudah. Syaratnya hanya punya KTP yang masih berlaku dan membayar biaya pendaftaran di awal yang jumlahnya sangat terjangkau sebagai pengganti Starter Kit.

Saat ini, biaya normal pendaftaran sebesar Rp 49.900. Adakalanya biaya pendaftaran jauh lebih murah bahkan gratis tergantung promo yang sedang berlaku.

Setiap member baru berhak mendapatkan Starter Kit sebagai alat untuk memulai di Oriflame. Bentuknya map putih cantik dengan gambar Success Plan (Jenjang Karir) dibagian dalamnya. Starter Kit berisi buku panduan (Getting Started), 1 katalog berjalan, 1 katalog bulan berikutnya, daftar harga (CPL), form pendaftaran anggota dan beberapa berkas penting lainnya.

4. Masa keanggotaan di Oriflame berlaku 1 tahun dan harus melakukan perpanjangan jika masa berlakunya habis supaya Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dan tetap dapat menerima hak diskon 30% sebagai member. Biaya perpanjangan keanggotaan sebesar Rp 35.000 per tahun. Anda memiliki waktu 12 bulan sejak  order terakhir sebelum keanggotaan Anda terminated (hangus).
5. Katalog Oriflame terbit setiap bulan. Biasanya 100 halaman dan terdiri dari sekitar 500-600 produk setiap bulannya. Anda tidak perlu menghapal semua produk karena Anda hanya perlu mencatat kode dan meng-inputnya pada form order di web Oriflame dengan sangat mudah.

Bahkan Anda bisa melakukan order hanya dengan 1 klik pada tombol “masukkan ke keranjang belanja” yang terdapat di keterangan produk di web Oriflame. It’s very easy!

6. Kantor pusat Oriflame Indonesia ada di Menara Standard Chartered, Jakarta. Sedangkan kantor cabang lainnya ada di :

  1. Sudirman
  2. Rawamangun
  3. Daan Mogot
  4. Bandung
  5. Medan
  6. Pekanbaru
  7. Makassar
  8. Surabaya
  9. Denpasar
  10. Yogyakarta
  11. Balikpapan
  12. Semarang
  13. Palembang
  14. Manado

Selain kantor-kantor cabang tersebut di atas, ada yang disebut Service Point Oriflame (SPO), yang berfungsi sebagai tempat penerimaan order dan pengembangan jaringan, khususnya bagi mereka  yang berdomisili di kota yang tidak ada cabang Oriflamenya.

Pastikan Anda melakukan order dan aktifitas lainnya di kantor cabang tersebut atau di SPO (Service Point Oriflame) yang resmi terdaftar di website Oriflame.

7.  Sesuai namanya, seorang konsultan Oriflame disarankan melakukan penjualan langsung dengan menunjukkan katalog kepada pelanggan dan merekomendasikan produk sesuai kebutuhan pelanggan. Agar bisa memberikan rekomendasi terbaik bagi pelanggan, tentunya kita harus mencoba produknya terlebih dahulu sebelum kita menawarkannya kepada pelanggan. Dengan begitu, kita bisa berbagi pengalaman memakai produk tersebut.

Namun, berjualan bukanlah suatu keharusan loh. Bila Anda bergabung hanya untuk mendapatkan harga lebih murah dan memakai produknya sendiri, it’s okay! Dengan begitu pun Anda sudah mendapatkan keuntungan, mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

8. Semua produk Oriflame dibuat di luar negeri. Ada 5 pabrik tempat semua produk tersebut dibuat baru kemudian di distribusikan ke 60 negara tempat Oriflame berada.

Kelima pabrik tersebut ada di:

1. Swedia
2. Polandia
3. India
4. Cina dan
5. Rusia

Karena produk impor tentu saja prosedur masuknya ke suatu negara harus resmi dan tercatat mengikuti SOP negara masing-masing. Semua produk yang masuk ke Indonesia di import oleh PT. Oriflame Cosmetics Indonesia, dengan nomer BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang resmi juga. Perhatikan label yang ada disetiap produk, disana terlihat dengan sangat jelas. Jadi kita bisa tenang menggunakan semua produk Oriflame karena aman dan legal.

9. Semua produk Oriflame ada masa kadaluarsanya. Jadi perhatikan betul betul tanggal disetiap produk yang kita beli. Periksa dengan teliti semua produk yang kita terima. Bila ada produk yang sudah dekatt tanggal kadaluarsanya, Anda bisa menukarnya dengan mengikuti prosedur yang ditentukan.

Nah, itulah sekelumit tentang Oriflame. Masih ada yang ingin ditanyakan? Bisa hubungi saya di pin 581739E7 atau sms/wa 085781370359.

Leave a Reply