Memulai Bisnis Toko Online

Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di masyarakat luas, perkembangan bisnis online juga semakin meningkat. Ini terbukti dengan semakin menjamurnya toko online yang menawarkan beragam produk, mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, makanan, gagdget, sampai tas branded seharga ratusan juta.

Dibandingkan dengan toko “konvensional”, berjualan lewat online memberikan banyak keuntungan, baik bagi pembeli maupun penjual.

Dari sisi pembeli, mereka bisa berbelanja atau memesan barang yang diinginkan tanpa harus datang ke toko. Cukup meng-klik tombol ‘beli’, lalu lakukan pembayaran dengan kartu kredit ataug mobile bankin dan tinggal menunggu barang diantar ke rumah. Layaann lewat toko online tersebut menjadi solusi praktis terutama bagi mereka yang tak punya banyak waktu untuk berbelanja.

Sementara sebagai penjual atau pemilik toko online, modal utama Anda selain barang dagangan tentunya, adalah seperangkat komputer dan modem untuk akses internet. Anda juga harus mengeluarkan biaya registrasi web domain dan hosting yang kini semakin murah. Ada banyak yang menawarkan jasa pembuatan toko online lengkap siap pakai hanya dengan beberapa ratus ribu rupiah saja. Dengan begitu Anda bisa memangkas biaya membeli atau menyewa toko yang terkadang menyedot dana paling besar.

Bahkan, hanya dengan bermodalkan smartphone saja Anda sudah bisa membuka toko online. Anda juga tidak perlu membuat atau memiliki toko online sendiri, karena ada banyak situs-situs marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk Anda berjualan seperti tokopedia, bukalapak, dinomarket, lazada, blibli dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu membuat akun di situs tersebut, mengunggah foto-foto dagangan Anda disana, cantumkan deskripsi produk dan harga. Keuntungannya, Anda tidak perlu pusing mengurusi toko dan melayani pelanggan secara langsung, dan situs-situs ini cukup populer sehingga pengunjungnya akan lebih banyak.

Berjualan di toko online lebih sederhana, tidak perlu menyediakan stok barang berlebihan. Terutama jenis produk dengan kadaluarsa terbilang cepat, seperti makanan, mungkin hanya diperlukan display atau foto produk saja. Misalnya saja Anda memiliki toko kue atau nasi kotak dengan layanan online,  Anda tidak perlu membuat banyak stok sebelum menerima pesanan pelanggan, sehingga Anda akan terhindar dari risiko rugi akibat penumpukan barang.

Bahkan, ada juga sistem dropship yang memungkinkan Anda berjualan tanpa harus menyetok barang sama sekali. Disini Anda bertindak sebagai makelar yang mencari pelanggan yang membutuhkan barang tersebut. Ketika ada pesanan, Anda hanya meneruskan pesanan tersebut ke suplier, dimana para suplier inilah yang akan mengirimkan barang kepada pelanggan. Anda mendapat keuntungan dari selisih harga dan modal yang Anda keluarkan mungkin hanya pulsa untuk paket internet dan telpon/sms.

Dengan berbisnis online, Anda memiliki jangkauan pasar tak terbatas. Bukan tidak mungkin Anda mendapat pesanan dari luar kota bahkan dari luar negeri. Biasanya pelanggan lah yang menanggung biaya pengirimannya. Oleh karena sistem belanja online ini sangat mengandalkan jasa ekspedisi untuk mengantar barang, Anda perlu memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan memiliki jaringan internasional.

Meski banyak keuntungannya, bisnis toko online juga memiliki kelemahan. Karena calon pelanggan bisa menjelajah satu toko ke toko lain dengan mudah, otomatis mereka bisa membandingkan kualitas produk dan harga di setiap toko. Jadi sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan harga.

Selain calon pelanggan, kompetitor pun bisa dengan leluasa ‘keluar masuk’ toko online Anda untuk mencontek produk. Karena itu pastikan produk yang Anda tawarkan benar-benar memiliki keunikan tersendiri, dan bersiaplah untuk terus berkreasi menciptakan inovasi baru.

Nah, jika Anda tertarik ingin memiliki bisnis online Anda sendiri tetapi masih bingung bagaimana memulainya, Anda bisa bergabung di Oriflame bersama saya di d’BC Network.  Semua kebutuhan Anda untuk belajar dan praktek bisnis online sudah disediakan mulai dari produk, sistem, cara jualan, cara promosi, cara mendapatkan keuntungan dan lain sebagainya.  Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnisnya juga sangat terjangkau.

Selain modal, hal yang perlu Anda siapkan adalah waktu serta kemauan untuk belajar dan mempraktekkan apa yang Anda pelajari untuk mengembangkan bisnis online Anda. Jika berminat, silahkan hubungi saya di BBM  581739E7 atau sms/wa 085781370359

memulai bisnis toko online

Leave a Reply