Tips Sukses Berbisnis Toko Online

Setelah mengetahui bagaimana memulai bisnis toko online, simak tips-tips penting berikut ini supaya bisnis toko online Anda sukses.

1. Tampilan toko yang menarik.

Semakin menarik, semakin banyak orang yang mampir ke toko Anda. Buatlah desain toko yang menarik, mulai dari warna, tipografi, dan pemilihan foto produk. Soalnya, di toko online, mereka tidak bisa memegang produknya secara langsung. Selain itu, pilihlah aplikasi pada web store yang mudah digunakan.

2. Spesifikasi produk yang jelas.

Misalnya untuk pakaian, jangan hanya menampilkan ukuran S<M atau L saja. Karena konsumen tidak bisa menjajal secara langsung, cantumkan informasi yang lebih spesifik, seperti ukuran lingkar pinggang dan dada. Dengan begitu akan mengurangi risiko kesalahan konsumen dalam memilih barang.

3. Sistem pembayaran bervariasi.

Selain kartu kredit, sediakan pula cara pembayaran melalui transfer antar bank dengan beberapa rekening. Sebagian besar konsumen di Indonesia masih lebih percaya pada sistem pembayaran konvensional, seperti transfer antarbank, bahkan cash on delivery (bayar tunai di tempat). Pilihlah bank yang memiliki fasilitas layanan pembayaran khusus untuk belanja online.

4. Promosikan produk terbaru.

Jangan terlena hanya menawarkan produk yang itu-itu saja walaupun telah menjadi best-seller. Tampilkan koleksi produk terbaru secara berkala agar konsumen tidak bosan.

5. Layani dengan cepat.

Melalui toko online, konsumen bisa memesan barang kapan saja. Segera follow up pesanan atau pertanyaan mereka dan penuhi keinginannya tepat waktu. Upayakan pula terus menjalin komunikasi via email atau sms untuk memperkuat ikatan emosional dan menjaga loyalitas.

6. Belajar Internet Marketing

Agar toko online Anda mudah ditemukan oleh konsumen di internet, tidak ada salahnya jika Anda belajar internet marketing, khususnya SEO atau Search Engine Optimization. Anda bisa mempelajarinya sendiri dengan cara googling artikel-artikel tentang pengetahuan SEO atau menyewa jasa SEO sesuai dengan bujet Anda.

Selamat mencoba

Sumber : Majalah Pesona Edisi Maret 2012

 

Leave a Reply