Belajar Merekrut Offline atau Online?

Tahun baru..semangat baru. Sepertinya saya harus bekerja dengan cara baru pula kalo ingin target tahun ini benar-benar berhasil.

Sebab sudah terbukti beberapa tahun terakhir, target saya selalu meleset dikarenakan cara kerja saya tidak berubah. Masih banyak malasnya. Masih banyak alasannya.

Walaupun… secara pribadi saya masih bisa memenuhi target minimal 200BP setiap bulan, bahkan seringkali mencapai 400-600 BP yang diperoleh dari hasil berjualan produk.

Tapi secara jaringan, target poin grup tidak bertambah diakibatkan saya jarang merekrut. Jadi pantas saja kalo saat ini level saya merosot ke level konsultan lagi, sehingga bonus saya juga menurun tajam.

Jadi ceritanya, saya mau mulai dari awal lagi. Mulai bangun jaringan lagi, mencari core team baru lagi. Tentunya harus merekrut lebih banyak lagi.

Saya mau belajar hal baru. Belajar merekrut offline. Sebenernya ga bener-bener murni offline, karena ketemu prospeknya dari web juga alias online hehe.

Nah, hari ini saya mulai praktek merekrut offline. Belum berhasil sih tapi masih lumayan nambah poin. Cerita lengkapnya begini.

Semuanya berawal dari sebuah telpon di sore hari, Senin tanggal 2 Januari 2017 lalu. Saya ditelpon sama anak ini, sebut aja si Boy, yang kedengarannya semangat 45 mau daftar member Oriflame dan pengen ketemu langsung dengan saya.

Janjianlah kami pagi tadi di kantor cabang Sudirman. Lewat 30 menit dari waktu yang disepakati, si Boy baru muncul … minta maaf datang telat karena harus bantu ibunya jemur cucian dulu.

Duh…budak bageur pikirku geli. Jarang-jarang kali ya anak muda usia 23 tahun yang masih suka bantu-bantu kerjaan rumah. Cowok pula 😁

Singkat cerita, ternyata si Boy udah pengalaman jualan produk Oriflame dari sejak sekolah di bangku SMK. Bolak balik terminated, trus daftar lagi beberapa kali dengan upline yang berbeda. Dan kali ini pengen gabung sama d’BCN. Menurut pandangan si Boy, d’BCN itu jaringan keren yang foto-foto leader-nya terpampang di dinding kantor sebagai jajaran Top 15.

Wiihh…bangga dong eike sebagai bagian dari warga d’BCN, walopun belum ada fotoku yang dipajang di dinding maupun newsletter hehehe… #tutupmuka

Usut punya usut … setelah dicek ternyata keanggotaan si Boy masih aktif, kurang lebih 2 bulan lagi sebelum terminated. Yaahh…gagal deh merekrut member baru hari ini. Sebab menurut kode etik dilarang mendaftarkan orang yang keanggotaannya masih aktif.

Ga cuma saya, si Boy juga keliatan kecewa banget. Meski kecewa si Boy bilang rela menunggu 2 bulan lagi untuk bisa gabung dengan d’BCN.

Ga apa-apa, biasanya bulan Maret ada promo rekrut, kamu malah bisa dapat Welcome Program promo yang lebih keren dan mahal, hiburku membesarkan hatinya.

Meski gagal dapat member baru, saya masih dapat poin karena ternyata si Boy belanja beberapa produk. Saya kasih katalog Januari dan Februari untuk si Boy tetap bisa jualan. Jadi nanti setelah jadi member, udah punya pelanggan, sambil nunggu waktu daftar tiba.

Selagi menunggu antrian ambil barang, kami asyik ngobrol seru. Kayak yang udah lama kenal aja, padahal kami baru aja ketemu 😁

Si Boy cerita, sebelum menelpon, dia dapat no hpku di web www.promo.mbaratna.com dari hasil googling dengan kata kunci “promo oriflame desember 2016” trus lihat-lihat line-ku yang emang selalu posting jualan produk Oriflame. Dan kebetulan saya merupakan member d’BCN pula, yang memang itu yang dicari-cari si Boy selama ini.

Jodoh kali yaa… 😀

Si Boy mengaku awalnya sempat takut kalo aku orangnya galak, takut canggung ngobrolnya karena baru kenal. Terrnyata anggapannya berubah total setelah ketemu dan ngobrol langsung dengan saya😁

La iya lah.. saya kan orangnya ramah, baik, tidak sombong dan gemar menabung…xixixi #dikirajanjipramukakali yaaaa

Salah satu poin penting yang menjadi catatan saya adalah, alasan yang membuat si Boy memutuskan untuk menelpon saya karena web saya sudah dot com. Artinya menurut si Boy, web saya beneran dan serius jalanin bisnis Oriflame, membuatnya tertarik dan percaya dengan saya. hingga akhirnya memutuskan untuk menelpon saya.

Fakta bahwa si Boy menemukan web saya dari hasil googling menunjukkan bahwa jika saya menggunakan kata kunci yang tepat, mengaplikasikan SEO pada web untuk menjaring prospek, saya harusnya bisa merekrut lebih banyak lagi.

Membangun web doorway, optimasi SEO, dan riset kata kunci adalah sebagian kecil dari modul-modul internet marketing yang dipelajari di ECampusKBDS. Ini adalah bagian dari cara merekrut secara online.

Jadi, walaupun offline, tetap aja butuh cara online untuk menarik prospek offline memutuskan mau bertemu dengan saya.

Belajar offline atau online? Harus keduanya dong biar hasilnya maksimal.

Buat kamu yang tertarik pingin punya bisnis online tapi belum kebayang mau bisnis apa, mending join Oriflame bersama d’BCN dan eCampusKBDS aja. Karena semua-muanya sudah disediakan lengkap disini, mulai dari produk, sistem, dan fasilitas lengkap untuk belajar maupun praktek (baik offline maupun online).

Menariknya, join di bulan Januari 2017 ini, kamu bisa dapat peluang mendapatkan uang tambahan dari bonus bulananmu. Asyik kaan… makanya buruan daftar jangan sampai ketinggalan lagi ya.

15697453_1659743600708825_9166431368323966834_n

Daftar disini www.join.mbaratna.com  🙂

 

Leave a Reply