Bisnis ISC

Jenis-jenis Beras Gotong Royong ISC

jenis beras gotong royong

Pada saat ini, ada 2 macam produk ISC yaitu beras putih varietas IR64 kualitas premium dan beras ketan putih super.

Beras Gotong Royong ISC merupakan beras alami, baru panen mengambil langsung dari petani lokal sehingga lebih fresh, tanpa pengawet, pemutih dan pewarna.

Berdasarkan informasi Badan Standardisasi Nasional untuk beras yang dikutip dari kompas.com, beras terbagi atas 4 klasifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) mutu beras, yakni premium, medium I, medium II, dan medium III.  Adapun, syarat umum pada beras, yakni  bebas hama dan penyakit, bebas bau apek, asam atau bau asing lainnya, bebas dari campuran dedak dan bekatul, dan bebas dari bahan kimia yang membahayakan konsumen.

Kuaitas Beras Premium dan Medium

Syarat khusus beras yang dikategorikan premium diantaranya, derajat sosoh mencapai 100 persen. Derajat sosoh merupakan tingkat terlepasnya aleuron (kulit ari) yang melapisi biji beras. Selain itu, tingkat kadar air maksimal 14 persen. Kadar air ini ditentukan dari jumlah kandungan air di dalam butir beras.

Sementara itu, untuk kategori beras medium I, memiliki derajat sosoh minimum 95 persen, medium II 90 persen, dan medium III 80 persen dengan batas maksimum kadar air 14 hingga 15 persen. Kemudian, untuk beras medium, memiliki butir patah atau beras pecah (broken) maksimal 20 persen untuk medium I, sedangkan untuk medium II maksimal 25 persen, dan medium III maksimal 35 persen.

Beberapa kategori tersebut harus diukur menggunakan alat-alat khusus untuk membedakan beras medium dan premium.

Ada cara yang lebih mudah untuk membedakan beras premium dengan medium. Pertama, dari perbedaan warna atau tingkat kecerahaan tampilan beras, jika lebih terang maka bisa dikategorikan beras premium. Kedua, yang paling mudah dibedakan adalah tingkat beras pecah atau broken, jika tingkat beras pecah sedikit maka bisa dikategorikan beras premium.

Ketiga, dari sisi kecerahan beras premium lebih terang, medium agak buram tidak putih bersih, Keempat dibedakan dari tingkat kotoran seperti gabah, batu, hingga kulit ari yang terbawa dalam beras. Jika beras medium maka akan mudah ditemukan kotoran yang terbawa dalam beras. Kelima, yang paling jelas perbedaannya adalah jika sudah dimasak atau setelah menjadi nasi, premium akan lebih enak dari sisi rasa, dan pulen.

Sumber: Kompas.com dengan judul “Apa Beda Beras Premium dan Medium?”, https://ekonomi.kompas.com/read/2017/07/27/050000626/apa-beda-beras-premium-dan-medium-
Penulis : Pramdia Arhando Julianto

Jenis Beras Premium Gotong Royong

Selain beras ketan super, ada 3 jenis beras premium Gotong Royong yang tersedia di ISC dengan 3 varian kemasan 5kg, 10kg dan 50kg, yaitu :

Silver, dengan kadar air 14% dan broken (tingkat beras pecah) 15%. Beras Silver setara dengan merk kembang/Bunga di pasaran.

Gold, dengan kadar air 14% dan broken 10%. Beras Gold setara dengan merk Maknyus/Rojolele di pasaran.

Platinum, dengan kadar air 14% dan broken 5%. Beras Platinum setara dengan merk Topi Koki/Ayam Jago di pasaran.

kualitas beras gr

Namun berdasarkan info dari leaders ISC,  mulai tanggal 1 Juni 2018 mendatang, jenis Silver dan Gold akan ditiadakan. Nantinya hanya fokus pada 1 jenis beras yaitu Platinum dengan kemasan 5kg saja.

kemasan beras gr

Untuk membedakan ketiga jenis beras bisa diperhatikan warna garis tepi di kemasan beras. Silver ditandai dengan warna abu-abu, Gold dengan warna kuning emas dan Platinum dengan warna hitam.

jenis beras gotong royong

Harga Beras Gotong Royong

Memasuki bulan puasa seperti sekarang, harga-harga kebutuhan  pokok umumnya akan naik. Namun tidak demikian halnya dengan harga beras Gotong Royong yang relatif stabil.

Berikut adalah daftar harga beras Gotong Royong untuk Mitra.

harga beras gr member

Sedangkan harga beras Gotong Royong untuk konsumen dengan keuntungan langsung antara Rp 5.000 – Rp 10.000 per kemasan, adalah sebagai berikut.

 

harga beras gr konsumen

Pengiriman beras ke alamat Mitra maupun konsumen tidak dikenakan biaya alias free ongkos kirim, selama masih berada dalam jangkauan wilayah pengiriman Jabodetabek, Bandung dan Cimahi kota.

Pengiriman beras dilakukan oleh logistik ISC maupun JNE. Untuk informasi wilayah mana saja yang terjangkau oleh logistik bisa dibaca pada artikel Jangkauan Wilayah Pengiriman Beras ISC.

Sedangkan untuk mendapatkan beras Gotong Royong bisa dibaca pada artikel Cara Order Beras Gotong Royong ISC

Testimoni Beras Gotog Royong

Bagi mereka yang sudah merasakan nikmatnya makan nasi dari beras Gotong Royong, biasanya akan melakukan repeat order atau bahkan langsung mendaftar sebagai Mitra untuk mendapatkan double benefit, yaitu keuntungan penjualan langsung dan komisi.

Bagaimana rupa nasi yang enak dan pulen dari ketiga jenis Beras Gotong Royong bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Berikut ini adalah testimoni dari konsumen.

This slideshow requires JavaScript.

Apakah Anda ingin mencoba beras Gotong Royong juga? Order sekarang dengan menghubungi Mitra Sponsor di bawah ini.

Nama: Ratna Yuliana
Telp: 085781370359
Email: admin@mbaratna.com
Kode Referal: 14II

Leave a Reply